Mon. May 16th, 2022

Kapal laut yang mengarungi lautan dunia dan jalur air lain yang cukup dalam, membawa barang atau penumpang, atau untuk mendukung misi khusus, seperti pertahanan, penelitian, dan penangkapan ikan. Kapal umumnya dibedakan dari perahu, berdasarkan ukuran, bentuk, kapasitas muat, dan tujuannya. Di Zaman Berlayar “kapal” adalah kapal layar yang ditentukan oleh rencana layarnya yang terdiri dari setidaknya tiga tiang persegi yang dipasang dan sebuah cucur penuh.

Kapal telah mendukung eksplorasi, perdagangan, peperangan, migrasi, penjajahan, imperialisme, dan ilmu pengetahuan. Setelah abad ke-15, tanaman baru yang datang dari dan ke Amerika melalui pelaut Eropa secara signifikan berkontribusi pada pertumbuhan populasi dunia. Transportasi kapal bertanggung jawab atas porsi terbesar perdagangan dunia.

Pada 2016, ada lebih dari 49.000 kapal dagang, dengan total hampir 1,8 miliar ton bobot mati. Dari jumlah tersebut 28% adalah kapal tanker minyak, 43% adalah kapal curah, dan 13% adalah kapal kontainer.

Kapal biasanya lebih besar dari perahu, tetapi tidak ada perbedaan yang diterima secara universal antara keduanya. Kapal umumnya dapat tetap berada di laut untuk jangka waktu yang lebih lama daripada perahu. Definisi hukum kapal dari hukum kasus India adalah kapal yang membawa barang melalui laut. Gagasan umum adalah bahwa kapal dapat membawa perahu, tetapi tidak sebaliknya.

Aturan praktis Angkatan Laut AS adalah bahwa tumit kapal ke arah luar berbelok tajam, sedangkan kapal tumit ke arah dalam karena lokasi relatif dari pusat massa versus pusat daya apung. Hukum maritim Amerika dan Inggris abad ke-19 membedakan “kapal” dari kerajinan lainnya; kapal dan perahu termasuk dalam satu kategori hukum, sedangkan perahu terbuka dan rakit tidak dianggap sebagai kapal.

See also  Gosho Aoyama Profile

Di Age of Sail, kapal dengan peralatan lengkap adalah kapal layar dengan setidaknya tiga tiang persegi dan cucur penuh; jenis kapal lain juga ditentukan oleh sailplan mereka, mis. barque, brigantine, dll.

Sejumlah kapal besar biasanya disebut sebagai perahu. Kapal selam adalah contoh utama. Jenis kapal besar lainnya yang secara tradisional disebut kapal adalah kapal barang Great Lakes, kapal sungai, dan kapal feri. Meskipun cukup besar untuk membawa kapal mereka sendiri dan kargo berat, kapal-kapal ini dirancang untuk beroperasi di perairan pedalaman atau pesisir yang dilindungi.

Menarik bukan ? ingin belajar Prospek Kerja Teknik Perkapalan ?.

Dalam sebagian besar tradisi maritim, kapal memiliki nama tersendiri, dan kapal modern mungkin termasuk dalam kelas kapal yang sering dinamai menurut nama kapal pertamanya.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.