Sat. May 14th, 2022

Edson Arantes do Nascimento

lahir 23 Oktober 1940), dikenal sebagai Pelé, adalah mantan pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai penyerang.

Dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa dan diberi label “terbesar” oleh FIFA, ia termasuk di antara tokoh olahraga paling sukses dan populer di abad ke-20. Pada tahun 1999 ia dinobatkan sebagai Atlet Abad Ini oleh Komite Olimpiade Internasional dan dimasukkan dalam daftar Waktu 100 orang terpenting abad ke-20. Pada tahun 2000, Pelé terpilih sebagai Pemain Terbaik Abad Ini oleh Federasi Internasional Sejarah & Statistik Sepak Bola (IFFHS), dan merupakan salah satu dari dua pemenang bersama Pemain Terbaik Abad Ini. Total 1.279 golnya dalam 1.363 pertandingan, termasuk pertandingan persahabatan, diakui sebagai Rekor Dunia Guinness.

Pelé mulai bermain untuk Santos pada usia 15 tahun dan tim nasional Brasil pada usia 16 tahun. Selama karir internasionalnya, ia memenangkan tiga Piala Dunia FIFA: 1958, 1962 dan 1970, satu-satunya pemain yang melakukannya.

Pelé adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Brasil dengan 77 gol dalam 92 pertandingan. Di level klub dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Santos dengan 643 gol dari 659 pertandingan. Di era keemasan Santos, ia memimpin klub ke Copa Libertadores 1962 dan 1963, dan Piala Interkontinental 1962 dan 1963.

Dikreditkan dengan menghubungkan frase “The Beautiful Game” dengan sepak bola, “permainan yang menggetarkan dan kegemaran untuk gol spektakuler” Pelé membuatnya menjadi bintang di seluruh dunia, dan timnya melakukan tur internasional untuk mengambil keuntungan penuh dari popularitasnya.

Selama hari-harinya bermain, Pelé pernah menjadi atlet dengan bayaran terbaik di dunia. Sejak pensiun pada tahun 1977, Pelé telah menjadi duta besar dunia untuk sepak bola dan telah membuat banyak usaha akting dan komersial. Pada 2010, ia dinobatkan sebagai Presiden Kehormatan New York Cosmos.

See also  Charles Robert Darwin Biography

Rata-rata mencetak hampir satu gol per pertandingan sepanjang kariernya, Pelé mahir dalam memukul bola dengan kedua kakinya selain mengantisipasi pergerakan lawannya di lapangan.

Meski didominasi seorang striker, ia juga bisa terjun ke dalam dan mengambil peran sebagai playmaking, memberikan assist dengan visi dan kemampuan passingnya, dan ia juga akan menggunakan keterampilan menggiring bola untuk melewati lawan.

Di Brasil, ia dipuji sebagai pahlawan nasional atas pencapaiannya dalam sepak bola dan atas dukungannya yang blak-blakan terhadap kebijakan yang memperbaiki kondisi sosial orang miskin. Kemunculannya di Piala Dunia 1958 di mana ia menjadi bintang olahraga kulit hitam global pertama merupakan sumber inspirasi.

Sepanjang karirnya dan di masa pensiunnya, Pelé menerima beberapa penghargaan individu dan tim untuk penampilannya di lapangan, pencapaiannya yang memecahkan rekor, dan warisannya dalam olahraga.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.