Mon. May 16th, 2022

Gosho Aoyama

lahir 21 Juni 1963 adalah seorang seniman manga Jepang yang terkenal karena serial manga Detective Conan (1994–sekarang), yang dikenal sebagai Case Closed di beberapa negara-negara berbahasa Inggris. Pada 2017, berbagai seri manga-nya memiliki 200 juta eksemplar gabungan yang dicetak di seluruh dunia.

Aoyama berbakat dalam menggambar bahkan pada usia dini. Di sekolah dasar, lukisannya tentang “Perang Yukiai” memenangkan kompetisi dan dipajang di Tottori Daimaru Department Store. Dia memiliki kakak laki-laki yang adalah seorang ilmuwan dan membantu dia keluar dengan “gimmicks” di Detektif Conan.

Aoyama lulus dari Sekolah Menengah Yuraikuei, sebelum melanjutkan studi di Nihon University College of Art di Tokyo. Pada musim dingin 1986, Aoyama memenangkan kontes komik untuk mahasiswa baru. Ketika dia masih mahasiswa seni, Aoyama memiliki pekerjaan paruh waktu bekerja di Tokyo Disneyland, di mana dia melukis latar belakang untuk Pirates of the Caribbean.

Aoyama memulai debutnya sebagai seniman manga dengan Chotto Mattete, yang diterbitkan di majalah Weekly Shonen Sunday di musim dingin 1987. Tak lama setelah itu, ia memulai Magic Kaito di majalah yang sama. Protagonis Kaito Sihir Kaito Kuroba kemudian muncul di Case Closed.

Pada awal 1990-an, ia memulai seri Yaiba, yang berlangsung selama 24 volume. Kemudian, ia akan merilis seri manga lainnya dalam volume tunggal, seperti Third Baseman No.4 dan Collection of Short Stories karya Gosho Aoyama.

Aoyama mulai membuat serial Detective Conan di Weekly Shonen Sunday pada tanggal 19 Januari 1994. Ketika serial ini pertama kali dirilis dalam bahasa Inggris, diberi judul Case Closed.

Aoyama telah memenangkan dua penghargaan untuk karyanya sebagai seniman manga. Pada tahun 1992, ia memenangkan Penghargaan Manga Shogakukan untuk shōnen untuk Yaiba. Dia akan memenangkan penghargaan yang sama untuk kedua kalinya pada tahun 2001, kali ini untuk Detektif Conan.

See also  Charles Robert Darwin Biography

Selain itu, kota kelahirannya Hokuei telah melakukan beberapa proyek machi okoshi (revitalisasi kota) untuk menghormati kontribusinya sebagai seniman manga dan penduduk. Proyek pertama adalah Jembatan Conan di seberang Sungai Yura dan patung Detektif Conan. Pada tanggal 18 Maret 2007, Pabrik Manga Gosho Aoyama, sebuah museum yang merayakan karir Aoyama sebagai seniman manga, dibuka.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.