Tue. May 17th, 2022

Fan Bingbing

lahir 16 September 1981 adalah seorang aktris, model, produser televisi, dan penyanyi Tiongkok. Sejak 2013, Fan telah terdaftar sebagai selebriti dengan bayaran tertinggi dalam daftar 100 Selebriti China Forbes selama empat tahun berturut-turut setelah menempati peringkat 10 besar setiap tahun sejak 2006.

Fan adalah salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di dunia dan telah disebut sebagai ikon mode global karena sering muncul di karpet merah, di pemutaran perdana film, dan di peragaan busana.

Fan menjadi terkenal di Asia Timur pada tahun 1998-1999 dengan serial drama kostum TV My Fair Princess. Pada tahun 2003, ia membintangi Cell Phone, yang menjadi film terlaris China tahun ini, dan menerima pujian kritis di Hundred Flowers Awards.

Dia telah membintangi banyak film Tiongkok, terutama Lost in Beijing (2007), Buddha Mountain (2011), Double Xposure (2012) dan I Am Not Madame Bovary (2016), di mana dia menerima penghargaan dari Golden Horse Film Festival and Awards , Festival Film Internasional Tokyo, Festival Film Internasional San Sebastián, dan Penghargaan Golden Rooster. Dia telah berpartisipasi dalam banyak film berbahasa asing, seperti film Prancis Stretch (2011), film Korea My Way (2011), X-Men: Days of Future Past (2014), di mana dia memerankan Blink, dan Hong Film Kong-Cina-Amerika Skiptrace (2015), di mana ia memenangkan Penghargaan Layar Emas untuk Aktris Terbaik.

Fan dihormati di Time 100 Gala 2017 di Manhattan, diakui dalam daftar 100 orang paling berpengaruh tahun 2017 versi Majalah Time. Pada 2017, Fan menjadi juri Festival Film Cannes ke-70 dan diundang untuk bergabung dengan Academy of Motion Picture Arts dan Sains.

Pada tahun 2018, Fan secara diam-diam ditahan oleh otoritas Tiongkok, menghilang dari pandangan publik pada 1 Juli 2018 selama hampir tiga bulan. Dia kemudian muncul di media sosial, menawarkan permintaan maaf publik atas penghindaran pajak, di mana dia didenda lebih dari CN¥883 juta (US$127 juta).

See also  Charles Robert Darwin Biography

Fan lahir di Laixi, Yantai (Sekarang Qingdao) dan dibesarkan di Yantai. Dia lulus dari Shanghai Xie Jin Film and Television Art College dan Shanghai Theatre Academy.

Fan memulai debutnya di serial televisi Powerful Woman dan memainkan peran kecil selama dua tahun, sebelum mendapatkan perhatian pada tahun 1999 untuk peran pendukungnya sebagai Jin Suo dalam dua musim pertama serial televisi Tiongkok My Fair Princess, yang diadaptasi dari penulis Taiwan Chiung Yao. cerita.

Dia telah direkomendasikan oleh aktris Kanton Leanne Liu untuk bergabung dengan pemeran. Drama periode komedi menikmati kesuksesan luas di Asia, mendorong Fan untuk menjadi nama rumah tangga di wilayah tersebut.

Setelah itu, Fan menandatangani kontrak delapan tahun dengan perusahaan Chiung Yao, yang memproduksi My Fair Princess. Namun, karena perusahaan tersebut belum mendirikan cabang di China daratan, banyak perusahaan periklanan televisi China daratan harus menelepon Taiwan untuk negosiasi, yang mengakibatkan pemborosan waktu dan tenaga. Ketika Fan dan ibunya ingin mengakhiri kontrak, perusahaan Chiung Yao meminta kompensasi CN¥1 juta, tetapi akhirnya pengadilan memerintahkan Fan untuk membayar CN¥200,000 karena kontrak itu ilegal karena usianya.

Fan memenangkan Penghargaan Aktris Terbaik di Penghargaan Seratus Bunga ke-27, dan nominasi Aktris Baru Luar Biasa di Penghargaan Huabiao ke-10.[20] Dia juga muncul di The Lion Roars (2002), The Twins Effect II (2004), A Chinese Tall Story (2005), dan A Battle of Wits (2006). Dia menerima nominasi Golden Bauhinia Awards untuk perannya dalam film epik Cina-Korea Selatan-Jepang A Battle of Wits.

Pada tahun 2006, Forbes China memberikan penghargaan yang paling berharga, Bintang Tahun Ini, kepada Fan untuk popularitasnya, liputan pers yang tinggi, dan situs web hits sepanjang tahun itu.

See also  John Cena

 

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.