Mon. May 16th, 2022

Cecilia Cheung Pak-chi

lahir 24 Mei 1980 adalah seorang aktris dan penyanyi cantopop Hong Kong. Cheung dianggap sebagai “Gadis Penyanyi”—seorang aktris yang pertama kali mendapat perhatian media melalui membintangi bersama Stephen Chow, dan kemudian melanjutkan kariernya sendiri yang sukses.

Cheung lahir di Man Wah Sun Chuen, Yordania, Hong Kong dari pasangan Davies Shally, yang merupakan keturunan setengah Cina dan setengah Inggris, dan Cheung Yan-yung. Orang tuanya bercerai ketika dia berusia sembilan tahun. Dia dikirim ke Melbourne untuk tinggal bersama bibinya pada usia empat belas tahun dan kemudian bersekolah di Camberwell Girls Grammar School. Dia memiliki kakak tiri, dua adik laki-laki, dan adik tiri dari pihak ayahnya.

Karirnya dimulai pada tahun 1998, ketika ia berperan dalam iklan teh lemon komersial televisi. Dia menarik perhatian Stephen Chow setelah syuting iklan. Kemudian, Cheung membuat debut filmnya sebagai nyonya rumah klub malam muda di King of Comedy karya Stephen Chow (1999).

King of Comedy menjadi film lokal terlaris tahun ini, dan membuat Cheung terkenal di Hong Kong. Dia kemudian membintangi Fly Me to Polaris (1999), yang membuatnya mendapatkan penghargaan untuk Pendatang Baru Terbaik di Penghargaan Film Hong Kong. Cheung juga menyanyikan lagu tema untuk Fly Me to Polaris, yang mendapat perhatian di antara massa karena kemampuan menyanyinya.[rujukan?] Pada tahun yang sama, Cheung meluncurkan karir menyanyinya dengan album Cantopop pertamanya Any Weather (1999).

Cheung membuat terobosan ke pasar Korea dengan Failan (2001) yang dibintangi oleh Choi Min-shik. Film ini membuatnya mendapatkan nominasi di Grand Bell Awards untuk Aktris Terbaik. Dia kemudian membintangi film komedi Cina The Lion Roars (2002). Cheung mengesankan penonton dengan perannya sebagai pahlawan wanita yang mandiri dan gagah, dan memenangkan penghargaan Aktris Paling Populer di Penghargaan Media Film China.

See also  Charles Robert Darwin Biography

Cheung bertemu kembali dengan Derek Yee dalam film thriller kriminal One Nite di Mongkok (2004) di mana dia berperan sebagai pelacur yang berpapasan dengan seorang pembunuh (diperankan oleh Daniel Wu). Dia dinominasikan untuk penghargaan Aktris Terbaik di Penghargaan Film Hong Kong untuk ketiga kalinya.

Cheung pada tahun 2009
Cheung berperan dalam proyek televisi pertamanya, di mana ia memainkan penyanyi legendaris Zhou Xuan di The Wandering Songstress (2008). Dia dilaporkan dibayar 200.000 yuan per episode untuk syuting drama tersebut.

Beberapa film Cheung berikutnya gagal mencapai kesuksesan komersial dan dikritik secara kritis.

Cheung telah memperoleh 70 juta HKD pada tahun 2014, peringkat nomor sembilan dalam daftar sepuluh besar pendapatan selebriti (hiburan) tertinggi di Hong Kong pada tahun 2014.

Pada awal tahun 2021, Cheung bergabung dengan musim kedua dari serial realitas Tiongkok Sisters Who Make Waves yang menampilkan 30 wanita – semua artis mapan dengan hak mereka sendiri – bersaing dalam berbagai tantangan menyanyi dan menari setiap minggu. Joey Yung, 40 juga merupakan bagian dari line-up.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.